05 Maret 2015

Permasalahan Kulitku (Jerawat & Berminyak)

Setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang sensitif, kering, berminyak, kombinasi, gampang jerawatan, komedoan dan lain-lain. Beruntung banget bagi kalian yang kulitnya normal. Sesuai judul postinganku, kali ini aku akan share masalah-masalah apa saja yang sudah terjadi pada kulitku yang sedikit tidak mulus ini. :')

Jenis kulitku berminyak dan mudah berjerawat. Sebenarnya dulu gak jerawatan sih cuma berminyak aja. Awal mulanya waktu aku SMA kelas 2, aku nyoba pakai facial wash dan ternyata gak cocok lalu mulai tumbuhlah jerawat di wajahku. Tanganku itu gak mau diem pegang-pegang, otak atik, pencet-pencet jerawat. Alhasil jerawat di wajah semakin berkembang biak. Asli minder banget waktu itu liat muka temen-temen yang mulus. hiks :'(

Maaf nih agak DP foto di bawah ini. >,<



Akhirnya karena merasa udah makin parah, ibuku mengajak aku ke dokter kulit A, selama kurang lebih 3 bulan ternyata gak nunjukin banyak perubahan. Ganti lagi ke dokter kulit B, hasilnya sama gak cocok juga. Sampai yang ke tiga kalinya aku mencoba ke dokter khusus kecantikan dan alhamdulillah perlahan-lahan jadi lebih baik. 

Selama perawatan sekitar 6 bulan aku makin minder, karena tiap sekolah muka gak boleh pake apa-apa kecuali salep dari dokter. Tiap hari muka keliatan kayak kilang minyak. Tiap kena panas muka jadi merah kayak udang lagi digoreng. >,< Biaya yang dikeluarin kalau ditotal udah jutaan. Ditambah sakitnya tiap perawatan suka bikin pengen nyerah. :( Parahnya kejadian kayak gitu terulang lagi waktu kuliah gara-gara pakai kosmetik yang gak cocok di kulit dan suka males ngurusin muka. T_T

Sekarang alhamdulillah, aku bersyukur banget wajahku gak separah itu. Emang jarang banget sih muka bebas jerawat, suka ada aja apalagi kalau lagi haid. Tapi yang pasti jauh lebih baik dibanding dulu. 

Dua kali kena jerawat parah itu bikin aku lebih hati-hati pakai kosmetik atau skincare. Sebelum memutuskan untuk mencoba aku juga selalu baca-baca dulu review dari orang lain. Cari aman deh, soalnya ngeri boook kalau harus kejadian gitu lagi. Amit-amit jangan sampai deh. >,< 

Menurutku ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kulit sensitif, berminyak dan berjerawat:
  1. Pakai kosmetik/skincare sesuai jenis kulit.
  2. Jangan malas bersihin muka kalau habis pergi / pakai kosmetik, tapi jangan terlalu sering juga. 
  3. Pakai masker dan helm kalau pergi pakai motor, selain menjaga kulit wajah dari polusi juga untuk keselamatan kita.
  4. Jangan terlalu sering pegang muka, tangan banyak kumannyaaaa! -_-
  5. Jangan banyak begadang karena kulit beregenerasi malam hari.
  6. Kurangi junk food, berminyak & pedas. 
  7. Kuas/spons makeup jangan lupa dibersihin.
  8. Rutin ganti sarung bantal dan sprei, apalagi untuk pemilik kulit berminyak ya. u,u
  9. Sebisa mungkin tiap hari makan buah & sayuran.
  10. Kalau ada jerawat diobatin jangan diotak-atik ntar makin banyak dan berbekas. Biasanya aku pakai Vitacid atau AC clinic pink powder spot nya Etude House. Dua obat itu menurutku cukup ampuh untuk mengatasi jerawat. 
Obat jerawat yang biasa aku pakai
Well, itulah beberapa hal yang berusaha harus aku lakukan walau masih banyak yang suka aku langgar juga sih. >,< Semoga bisa membantu bagi kalian yang sedang berjerawat seperti aku. Memang kadang ada rasa pengen nyerah sebodo amatlah capek ngurus muka jerawatan mulu :( Tapi balik lagi, tiap lihat orang kulitnya mulus langsung deh naik lagi semangatnya. Sampai sekarang pun aku masih berjuang melawan jerawat. Yang penting jangan menyerah dan putus asa ya untuk berusaha mendapat kulit yang cantik dan sehat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar